Minggu, 10 Mei 2009

Sepenggal Catatan 5

Segala sesuatu jangan tidak mengenal istirahat lebih-lebih umur kian senja di mana kemampuan fisik kian berangsur-angsur menurun dari hari yang lalu. Hal ini perlu diwaspadai dan disadari benar-benar agar sifat suka menganggap, “hah.. enggak apa-apa” sudah harus diakhiri sama sekali. Ini suatu sinyal bagi setiap orang yang telah lansia atau akan masuk kelompok lansia. Juga bagi yang masih cukup muda tetapi memiliki tanda-tanda atau kelainan dimana harus mewaspadai setiap gerak laku keseharian agar tidak mengalami hal-hal yng tidak diingini olehnya sendiri.
Hal ini adalah masalah kesadaran yang harus ada dan dimulai dari dirinya sendiri bukan oleh orang lain. Kita sekarang membuat dan mengambil suatu perumpamaan sebagai dari suatu sikap atau cara kita menata dan mengatur tindakan yang patut dan perlu kita ambil.
Contohnya mobil, sekarang dimana perlengkapan sebuah kendaraan itu sendiri seperti roda, setir, rem, kopling dll. Selanjutnya kita tampilkan sosok supir yang ada dalam kendaraan tersebut. Sekarang keselamatan sebuah kendaraan amat sangat tergantung kepada siapa supirnya dalam membawa dan mengendalikan jalannya mobil tersebut.
Mulai dari saat pertama starter sampai akhirnya mematikan mesin mobil tersebut. Faktor lain yang perlu diperhatikan cara merawat mobil tersebut, biar kendaraan tersebut menjadi awet pemakaiannya. Yang sebenarnya yang akan lebih utama adalah cara mengendarinya sepanjang perjalanan kesehariannya, dimana sewaktu waktu situasi umum berubah-ubah tentu perlu antisipasi yang cepat dan tepat. Sewaktu membawa mobil, supir harus menjaga konsentrasi yang baik dan benar, lengah sedikit alamat celaka. Kapan sebaiknya tancap gas, mengurangi gas, injak rem, kapan overkopling dll. Yang jelas perjalanan tidak selamanya sepi dan lurus-lurus saja.
Kita beralih kelain topik penuturan bahwa angka dapat dibuat atau dijadikan sorotan perhatian seperti nomor rumah ini angka 33 entah ada hubungan entah tidak dengan masa dinas saya 99-66 =33, selain itu jumlah zikir angkanya juga 33, angka jalan Kutisari Selatan adalah XIII=13. Masa berumah tangga 05-72=33, Andi berumah tangga usia 32 masuk ke-33 . Gerangan apakah dibalik itu semua, Allahualam bissawab. Hanya Allah swt saja Maha Tahu, kita hanya hamba dan status sebagai umat cipta NYA. ALLAH AKBAR.
Sungguh suatu proses perilaku kehidupan di alam nyata ini, dimana kita senantiasa dihadapkan pada di satu sisi banyaknya fasilitas atau sajian yang terus tumbuh dan berkembang secara kodrati alamiah serta tingkat kemajuan ilmu pengetahuan seperti computer dan lain-lain di bidang komunikasi pada umumnya. Semuanya itu merupakan suatu tantangan agar kita bisa memilihnya. Dengan ketentuan sekali memilih.
Surabaya, 2005 ; dikutip ulang 2009

Tidak ada komentar: