Minggu, 08 November 2009

Inspirasi Aspirasi



Perjalanan pengalaman sepanjang usia seseorang sejak lahir dan seterusnya, sampai saat ini dan mudah-mudahan sampai nanti. Proses demi proses tidak luput atau terlepas adanya gabungan interaksi nilai-nilai yang datangnya dari dalam dan lingkungan seseorang.

Proses pikir dan zikir bagi diri ini datangnya dari dalam dan luar yang disebut inspirasi dan aspirasi. Timbul pikir dan zikir dari dalam karena diri seseorang memiliki pengalaman pribadi yang sifatnya aktif. Pikir dan zikir dari dalam karena dorongan motivasi dari lingkungan sekitar dirinya yang sifatnya pasif.


Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi sekitar tahun 1977 dan 1978 yang lalu. Pernah membuat catatan berupa titik-titik pengalaman sejak tahun 1942. Mula-mula sederhana hanya satu titik kemudian, titik itu bertambah. Kumpulan titik-titik terhubung dan tersambung membentuk garis dan kumparan spiral.




Adalah kristal pengalaman pada suatu waktu dan ruang saat itu. Kemudian beberapa waktu berlalu, jelasnya sepanjang tahun 2009 ini menemukan sebuah kalimat “Tali Jagad Raya” dari merk sebuah bungkus rokok.



Bagi saya yang diungkap dari pengalaman pribadi di atas yaitu tahun 1978 dan tahun 2009 di awali titik, garis, lalu membentuk satu jalinan garis. Dan menjadi lebih luas dan lebar sehingga menjadi tali “ Jagad Raya”.


Untuk sementara inspirasi diri ini, saya akhiri dulu sampai di sini.






Tidak ada komentar: